angga juner

angga juner

Sabtu, 29 Oktober 2011

peledakan

Parameter Peledakan Jenjang

Perencanaan peledakan jenjang tidak hanya berdasarkan perhitungan geometri peledakan saja,melainkan juga perhitungan parameter-parameter yang juga berpengaruh,Parameter-Parameter ini nantinya akan dapat mempengaruhui tingkat efektifitas dan efesiensi pekerjaan peledakan yang akan dilakukan.Parameter-Parameter tersebut antara lain adalah diameter lubang tembak,pola peledakan pengunaan waktu tanda,serta powder factor.

Secara mendasar terdapat dua jenis parameter peledakan yang akan dapat mempengaruhui efektifitas dan efisiensi suatu perkerjaan peledakan.Parameter-Parameter ini terbagi menjadi dua yaitu parameter-parameter yang dapat dikendalikan oleh manusia serta parmeter yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia,dengan kata lain dikendalikan oleh alam.

Parameter yang dapat dikendalikan oleh manusia diantaranya adalah geometri peledakan,diameter lubang,pola peledakan ,serta powder factor.sedangkan parameter yang tidak dapat dikendalikan adalah kondisi struktur geologi seperti sesar dan kekal.

II.2. Diameter lubang Tembak

Diameter lubang tembak yang kecil sesuai diterapkan untuk batuan yang sulit dibongkar.Jika diameter lubang tembak diperbesar tetapi factor energinya tetap,maka akan menghasilkan bongkaran dengan fragmentasi yang buruk.

Diametrer lubang tenbak kecil akan menghasilkan pembongkaran batuan bagian atas akan baik.untuk mengurangi noise,air blast dan fly rock akibat peledakan,Diameter lubang tembak yang cocok adalah antara 115-150 mm dengan panjang stamming 3-5 m.jika dipakai diameter 75-100 mm,maka panjang stemming dapat dikurangi hingga 2,5 m.

Pemilihan diameter lubang tembak pada peledakan jenjang dipengaruhi oleh:

1. Sifat fisik dan mekanisme batuan

2. fragmentasi yang diinginkan

3. peralatan pengeboran yang ada

4. Tinggi jenjang yang diinginkan

II.2. Pola Peledakan

Pola peledakan merupakan urutan waktu peledakan antara lubang ledak dalam satu baris dengan baris lainnya.Pola peledakan juga mampu menentukan kearah mana material yang dibongkar akan terkumpul sehingga mampu mempermudah proses loading.

Adapun pola peledakan yang umu dipakai pada pekerkaan peledakan,antara lain:

· Pola peledakan serentak dalam satu baris dan beruntun atas baris

· Pola peledakan dimana lubang-lubang ledak diledakkan dengan waktu penundaan atau beruntun dalam satu baris.

Menurut R.L.Ash,penentuan pola peledakan dengan adanya tiga bidang bebas,kuat tarik batuan dapat dikurangi sehingga akan dapat meningkatkan jumlah retakan yang dihasilkan dengan syarat lokasi dua bidang bebasnya mempunyai jarak yang sama terhadap lubang ledak.

Delay detonator yang memiliki selang waktu tertentu pakai pengatur waktu tunda pada pekerjaan peledakan.Keuntungan dari peledakan dengan memakai delay detonator adalah:

1. Dapat menghasilkan fragmentasi yang lebih baik

2. Dapat mengurangi timbulnya getaran tanah

3. Dapat menyediakan bidang bebas untuk baris berikutnya.

II.3. Powder Factor

Powder factor adalah suatu bilangan untuk menyatakan jumlah material yang akan diledakan atau dibongkar,oleh sejumlah tertentu jumlah bahan peledak..Nilai powder factor dapat dinyatakan dalam satuan ton/kg atau kg/ton.Powder factor patut diperhitungkan agar dapat diketahui tingkat efektif suatu pekerjaan peledakan serta efisiensipengunaan bahan peledak.

Penghitungan nilai powder factor yang tepat nantinya akan sangat mempengaruhui efektifitas dan efisiensi suatu perkejaan peledakan dalammelakukan suatu pekerjaan peledakan.Nilai powder factor sangat dipengaruhi oleh jumlah bidang bebas,geometri peledakan,pola peledakan dan struktur geologi.

Nilai powder factor sangat mempengarui oleh jumlah bidang bebas,geometri peledakan,pola peledakan dan struktur geologi.dan bila nila powder factor besar dapat dikatakan bahwa kuantitas bahan peledak yang dipakai telah cukup efektif.sedangkan bila nilai powder factor kecil,mengindikasikan bahwa pekerjaan peledakan yang dilakukan masih kurang efektif.Bila banyak sedikitnya jumlah bahan peledak dalam suatu lubang sangat mempengaruhi efektifitas dan efisiensi pekerjaan yang ditinjau dari segi penggunaan bahan peledak.

3 komentar:

  1. rencana peledakan ada ga?

    BalasHapus
  2. rencana peledakan itu tergantung dari kita ny..
    mau brp ukuran fragment yg di pngenin..
    it di tntuke dri burden, spasi, steming dll..
    dari situ kita bsa nntuke jumlah bahan pledak..
    pola peledakan jga mempngaruhi dri hasil fragment..

    BalasHapus
  3. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus