angga juner

angga juner

Selasa, 22 Desember 2009

Hubungan keelektrolitan dengan ikatan kimia

Hubungan Keelektrolitan dengan Ikatan Kimia

Larutan ion(larutan elektrolit) bersumber dari senyawa ion, yaitu senyawa yang mempunyai ikatan ion dan senyawa kovalen polar, yaitu senyawa yang mempunyai ikatan kovalen polar.

1.Senyawa Ion

Senyawa ion merupakan sumber larutan ion sebab senyawa ini tersusun dari ion-ion, terutama bila bentuknya padat dan kering. Jika senyawa ion dilarutkan kedalam pelarutnya, ion-ion penyusun senyawa itu bebas bergerak sehingga larutan ion ini dapat menghantarkan arus listrik. Akan tetapi senyawa ion dalam bentuk kristal, ion-ionnya tidak dapat bergerak bebas sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Yang termasuk kedalam senyawa ion adalah senyawa basa dan garam.

2.Senyawa Kovalen Polar

Senyawa kovalen polar juga merupakan sumber larutan ion, sebab jika senyawa kovalen polar dilarutkan kedalam air, maka senyawa tersebut akan terurai menjadi ion-ion. Hal itu disebabkan oleh ikatan kovalen pada senyawa tersebut mudah terputus dalam pelarut air sehingga menghasilkan ion-ion. Senyawa kovalen polar terbentuk antara atom-atom unsur yang mempunyai perbedaan keelektronegatifan. Senyawa yang termasuk kedalam senyawa kovalen polar adalah senyawa kovalen yang bukan berbentuk diatomer atau senyawa yang tidak simetris. Contoh senyawa kovalen polar adalah HCL,NH3,dan CH3COOH. HCL jika dilarutkan kedalam air akan terionisasi menjadi ion H+ dan ion Cl-.Reaksi ionisasinya adalah sebagai berikut: HCL(aq) menjadi H+(aq)+Cl-(aq).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar